Pariwara

Dinsos Kaltim Serahkan 50 Paket Sembako di Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-26

Garda.co.id, Samarinda – Peringati Hari Lanjut Usia Nasional ke 26, Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Sosial membagikan bantuan sembako kepada 50 masyarakat lanjut usia (Lansia), Rabu (13/7/2022). Kegiatan ini terlaksana di Aula Kantor Dinas Sosial Kaltim, Jalan Basuki Rahmad Samarinda.

Kepala Dinas Sosial Kaltim sekaligus Ketua Panitia penyerahan bantuan sembako Lansia, Agus Hari Kesuma menerangkan, 50 masyarakat Lansia yang diberikan sembako diantaranya, 10 orang dari Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda), 10 orang beteran, dan 10 orang pensiunan Dinsos.

Selain itu juga ditambah dengan 7 orang dari Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Harapan Borneo Samarinda dan Pondok Pesantren Manula Al- Maqhfiran sebanyak 13 orang asal Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Menilik data Lansia tidak mampu berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) se-Kaltim sebanyak 81.653 orang di antaranya laki-laki sebanyak 40.100 orang dan 41.553 orang perempuan.

“Sementara Lansia yang berusia 60 hingga 69 tahun ada sekitar 52.975 orang. Lalu, usia 70 hingga 79 tahun sebanyak 20.897 orang dan diatas 80 tahun sekitar 7.781 orang,” kata Agus Hari Kesuma.

Diungkapkan Agus, urusan rehabilitasi sosial Lansia menjadi salah satu sasaran rencana strategis Dinsos sebagai penerima manfaat dan layanan dari Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), dan sebagai konsekuensi logis pelaksanaan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Disebutkan Agus, sedikitnya ada 4 kewenangan provinsi dalam hal pelaksanaaan Rehabilitasi Sosial Dasar Dalam Panti.

Pertama, terhadap Panti Lansia. Kedua, Panti Anak. Ketiga, Panti Penyandang Disabilitas. Keempat, Panti GEPENG (Gelandangan dan Pengemis).

“Saat ini telah terjadi peningkatan permohonan atau rujukan Dinsos kabupaten/kota untuk menitipkan para Lansia terlantar ke UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri,” bebernya.

BACA JUGA :  Wacanakan SSK, Pemkot Samarinda Siaga Menuju Era Bonus Demografi

“Karena itu pula diperlukan pengembangan sarana dan prasarana serta fasilitas yang ada di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri,” sambung Agus.(PB/ADV/KominfoKaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button