Pariwara

Wow! Citra Niaga Bakal Terintegrasi dengan Wisata Susur Sungai

Garda.co.id, Samarinda – Dibangun di era 90an, membuat Citra Niaga lekat dengan cirinya khasnya sebagai pusat perdagangan. Seiring berkembangnya zaman, membuat peminatnya kian meredup. Sehingga ada upaya dari Pemkot Samarinda untuk menghidupkan kembali kawasan tersebut yang sudah terkenal menjadi pusat perdagangan souvernir khas Kalimantan. Ke depannya juga akan dikuatkan kembali pertunjukan seni dan budaya.

Seperti yang diungkapkan Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda, Rusmadi Wongso, saat meresmikan pagelaran seni dan budaya yang dilaksanakan di Pendopo Lapangan Kawasan Citra Niaga pada Rabu, (30/03/2022).

Ia mengakui saat ini diperlukan peranan dari kalangan milenial, untuk mewarnai Citra Niaga. Tak heran dirinyapun mengapreasi kegiatan yang digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dari seluruh perguruan tinggi di Samarinda. Seperti Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Universitas Muhammadiyah Kaltim (UMKT), Polnes Samarinda, dan UINSI.

“Karena kami juga perlu mendapat masukan dari para kalangan muda yang punya terobosan. Karena saya percaya ide itu kadang-kadang tidak dipikirkan pemerintah,” terang Rusmadi.

Dari pagelaran hari ini ia berharap menjadi titik balik ramainya Citra Niaga. Tak sekadar menjadi tempat untuk menyantap kopi namun bisa sambil berbelanja dan hidup dengan pertunjukan seni dan budayanya.
“Tidak hanya menjadi bisa berwisata belanja juga menjadi ajang silaturahmi para pelaku seni dari semua kalangan,” jelasnya.
Ia mengakui bahwa saat ini pemerintah memang memiliki rencana untuk melakukan merainkarnasi atau re-design Citra Niaga. Bahkan kegiatan ini menjadi salah satu program strategis, untuk mendukung program Smart City.

Selanjutnya kawasan yang pernah mendapatkan penghargaan Aga Khan dari arsitektural bangunannya ini akan ditingkatkan kualitasnya menjadi ruang terbuka publik untuk berkesenian dan berkreasi, serta menyediakan wadah yang dapat bersaing dengan pusat perbelanjaan modern lainnya.

BACA JUGA :  Faizal Nilai Program Bedah Rumah di Selambai Lamban

“Nantinya dari kawasan Citra Niaga ini akan terintegrasi dengan wisata susur sungai dan disiapkan ke ranah bisnis, hal ini telah diskusikan dengan perancangnya yang menghantarkan Citra Niaga mendapatkan penghargaan Aga Khan,” demikian Rusmadi. (Mr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button