DPRD BontangPariwara

Rencana Penutupan Jalan Pos 7, Perusahaan Siapkan Jalur Alternatif

Garda.co.id, Bontang – DPRD Kota Bontang meninjau lokasi Jalan Pos 7, menyusul rencana penutupan akses jalan penghubung Kelurahan Lok Tuan dan Guntung itu oleh PT Kaltim Industrialisasi Estate (KIE) mulai, Senin (1/11/2021) kemarin.

Akses jalan tersebut berada di lahan milik PT KIE di bawah naungan PT Pupuk Kaltim (PKT).

Ketua DPRD Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam mengatakan, peninjauan dilakukan lantaran warga yang bermukim di area tersebut merasa keberatan. Karena jalan yang merupakan akses terdekat mereka di tutup oleh pihak perusahaan.

“Ini tindak lanjut dari penolakan oleh masyarakat terkait penutupan jalan,” kata Faiz sapaannya.

Dia menjelaskan, penutupan akses jalan itu memang direncanakan kemarin. Namun, rencana itu ditunda sembari menunggu pembangunan jalan pengganti yang disiapkan perusahaan.

Penutupan jalan ini tidak boleh serta merta dilakukan, karena masyarakat setempat butuh waktu untuk menyesuaikan.

“Setelah ada pertemuan dengan pemerintah dan masyarakat, jalur ini tetap dibuka sebagai upaya sosialisasi,” jelasnya.

Sementara, Sekretaris Perusahaan PT KIE Bontang Benny Samosir mengatakan saat ini masih melakukan simulasi dan sosialisasi kepada masyarakat sembari menyelesaikan pembangunan jalan alternatif bagi warga untuk melintas dari Lok Tuan menuju Guntung ataupun sebaliknya.

Dia berharap, dengan rute alternatif itu dapat mempermudah akses warga yang melintas. Akses itu tidak jauh dari kawasan Jalan NPK pelangi yang baru diresmikan beberapa waktu lalu.

“Ini masih simulasi khusus untuk roda dua. Jalan alternatif akan kami siapkan. Sekarang proses pengerjaan, targetnya dua bukan kedepan bisa rampung,” ungkapnya.

Untuk diketahui, panjang jalan yang dibangun mencapai 90-200 meter sementara lebarnya 4 meter dengan material beton. Parit sebelah kiri-kanan jalan, masing-masing lebarnya 80 cm.(fn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button