DPRD KALTIM

Pansus LKPj Berikan Banyak Catatan ke Pemprov

Garda.co.id, Samarinda – Panitia Khusus (Pansus) pembahas Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPj) Gubernur tahun 2021 DPRD Kaltim berikan banyak catatan menjelang menerbitkan rekomendasi kepada Pemerintah Provinsi.

Anggota Pansus LKPj, Sutomo Jabir menerangkan terdapat banyak catatan yang diberikan dari hasil kerja pansus yang hampir habis masa kerjanya ini.

“Ya, memang waktunya hanya satu bulan, selesai tidak selesai kumpul. Waktunya hanya satu bulan, sehingga mau tidak mau harus prepare terbitkan rekomendasi,” kata Tomo, Minggu (24/4/2022).

Beberapa catatan tersebut disampaikan Tomo seperti meningkatnya angka kemiskinan tiga tahun terakhir termasuk tahun 2021.

“Kita maklumi memang ada Covid-19 yang menghantam,” tuturnya.

Ia menilai terdapat beberapa hasil faktual di masyarakat yang berbeda dengan laporan Pemprov. Misalnya seperti fakta yang kurang relevan antara pengentasan kemiskinan dengan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang membaik.

Fakta di lapangan, banyak hal dasar yang menjadi catatan, diantaranya angka kemiskinan, pemerataan pembangunan, pelayanan pendidikan yang merata.

“Jadi hadiah WTP itu tidak relevan dengan kebutuhan dasar yang dibutuhkan,” ucapnya.

Terkait infrastruktur misalnya seperti pemantapan jalan. Secara angka-angka umum memang terlihat target dan realisasinya yang baik. Namun, fakta di lapangan tidak sesuai dengan itu. Belum lagi, pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat. Karena sejauh ini masih sering terjadi kelangkaan.

“Ada juga beberapa target tidak tercapai, seperti pembangunan rumah layak huni. Belum lagi rumah layak huni ini yang pembangunannya terkesan hanya mengejar kuantitas bukan kualitas,” tukas Tomo.

Selain itu, terang Politikus PKB ini menyangkut penerangan daerah-daerah di Kaltim yang masih belum tercapai. Karena banyak desa yang belum teraliri listrik.

“Banyak juga program yang tidak direncanakan secara berkelanjutan. Pola ini harus diperbaiki agar perencanaan betul-betul berkelanjutan tidak putus. Harapan kita semoga ke depan semakin terencana,” tandas Anggota Komisi III DPRD Kaltim ini.

BACA JUGA :  Pesan Berantai Penculikan Beredar di Whatsapp, DPRD Kaltim Himbau Masyarakat untuk Waspada

Ia berharap ke depan dapat lebih dimaksimalkan. Pansus saat ini sedang menyusun laporan dan berencana akan menyampaikannya pada selepas Lebaran Idulfitri 1443 Hijriyah mendatang.(adv/kmf/NNI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

67 − 60 =

Back to top button