DPRD KALTIM

Marthinus Pimpin Pansus LKPj DPRD Kaltim

Garda.co.id, Samarinda – Panitia Khusus (Pansus) pembahas Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPj) Gubernur tahun 2021 oleh DPRD Kaltim kini telah resmi terbentuk. Anggota Komisi III Marthinus diamanahkan sebagai nakhoda untuk masa kerja 30 hari ke depan.

Ketua Pansus LKPj DPRD Kaltim Marthinus menerangkan setelah diamanahkan menjadi ketua, dirinya langsung mengumpulkan para anggota melakukan rapat internal. Hal ini guna menyusun kerja-kerja Pansus ke depan.

Ia menyebut langkah awal yang akan dilakukan yakni melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kaltim, menyangkut dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023.

“Kan soal RPJMD itu ada perubahan karena isu nasional yaitu menyangkut IKN (Ibu Kota Negara,Red),” kata Marthinus, Selasa (29/3/2022).

Politikus PDI Perjuangan ini menyebut dalam masa kerja 30 hari ini, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin dalam melakukan kerja-kerjanya. Bahkan, dalam 20 hari masa kerja nanti diupayakan telah mendapatkan rekomendasi-rekomendasi untuk disampaikan ke Pemprov.

“Tepatnya itu pada 7 Mei sudah ada finalisasi hasil laporan LKPj ini, artinya sudah dalam bentuk rekomendasi,” terangnya.

Marthinus mengungkapkan hal-hal yang akan dicoba untuk dievaluasi yakni diantaranya menyangkut lima misi RPJMD seperti sumber daya manusia (SDM), ekonomi kesejahteraan, infrastruktur, lingkungan hidup dan sumber daya alam, serta reformasi birokrasi.

“Kami nanti akan buat cluster sesuai misi RPJMD, jadi satu pertemuan langsung undang beberapa OPD yang terkait,” ucap dia.

Nantinya setiap OPD akan diminta keterangannya terkait apa saja kendala dalam proses pengelolaan anggaran tahun 2021.(adv/kmf/NNI)

BACA JUGA :  Semarak Kemerdekaan ke-77 Pemprov Kaltim Bagikan 10 Juta Bendera Merah Putih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button