Pariwara

Industri Plywood Beroperasi Lagi, Walikota Beri Apresiasi

Garda.co.id, Samarinda – Industri kayu di Kota Samarinda bakal menggeliat. Hal ini ditandai dari keseriusan PT Sumalindo Lestari Jaya (SLJ) menjalin kerjasama dengan PT Tirta Mahakam. Hal itu diketahui saat PT SLJ melakukan audiensi bersama Walikota Samarinda Andi Harun di Balaikota, Selasa 15 Maret 2022.

Seperti diketahui, PT SLJ merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri plywood dan berlokasi di Jalan dr Mangunkusumo, Sengkotek, Kecamatan Loa Janan Ilir, Kota Samarinda.

Walikota Samarinda Andi Harun memberikan apresiasi dan mendukung penuh rencana kerjasama yang akan dilakukan kedua perusahaan tersebut. Menurut walikota, rencana kerjasama yang dilakukan tentu akan berdampak positif bagi peningkatan perekonomian masyarakat Kota Samarinda.

Untuk itu, walikota berkomitmen untuk memberikan kemudahan bagi kedua perusahaan, terutama untuk pengurusan fasilitas yang dibutuhkan.

“Saya menyambut baik dan senang atas rencana operasi kembali perusahaan tersebut yang tentu memiliki dampak secara langsung terhadap perekonomian masyarakat Samarinda,” ucapnya. “Pemerintah Kota samarinda juga berkomitmen untuk mempermudah dan membantu serta memfasilitasi kebutuhan perusahaan untuk mendukung operasional industri plywood PT. SLJ beserta mitranya,” timpal walikota.

Dalam pertemuan tersebut juga, walikota berpesan kepada PT SLJ agar dalam hal perekrutan karyawan lebih memprioritaskan warga Samarinda yang sedang mencari pekerjaan.

Ke depannya, pihak perusahaan tersebut juga diupayakan untuk menjalin kerjasama dengan pihak manajemen perusahaan daerah (Perusda) Varia Niaga Samarinda.

“Saya tadi minta agar mereka (PT SLJ, Red.) bisa sinergi dengan pemkot, terutama dalam mengatasi masalah pengangguran di Samarinda, diperkirakan akan membutuhkan tenaga kerja sekitar 1.600 orang,” sebutnya.

“Kemudian saya menyampaikan bahwa Pemkot punya Perusda Varia Niaga yang bisa juga secara profesional bekerjasama sebagai mitra dalam kegiatan industri mereka. Tapi paling utama yang saya tekankan terkait perekrutan tenaga kerja diusahakan warga Samarinda,” tambahnya.

BACA JUGA :  Dewan Kaltim Soroti Pengawasan Penambangan Ilegal di Kutim

Beberapa hal tersebut, lanjut dia, telah disampaikan langsung ke pihak perusahaan tersebut. Kemudian memerintahkan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) untuk intens dalam melakukan follow up ke pihak perusahaan.

“Saya sudah tugaskan Kadisnaker untuk intens full up terkait beberapa hal itu,” tukasnya. (Mr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button