Pariwara

Imam Zazuli Dianugerahi Logam Emas, 20 Tahun Jadi Penyuluh Kehutanan

Kerap Tidur di Hutan 3 Hingga 4 Malam

Garda.co.id, Samarinda – 20 tahun lebih sebagai Penyuluh Kehutanan di Kawasan Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) Telake, Kecamatan Waru, Penajam Paser Utara (PPU), menuai banyak cerita Imam Zazuli.

Sebagai Penyuluh KPHP, menurut Imam, sangat bermanfaat untuk memberikan pengetahuan bagi masyarakat. Walau untuk itu banyak sekali kendala Penyuluh Kehutanan di lapangan, saat masuk ke Hutan.

“Aset jalan yang susah untuk mencapai lokasi, hingga harus 3 sampai 4 hari bermalam di Hutan. Kami harus sering-sering menginap di Hutan, untuk melakukan Penyuluhan Program Perhutanan Sosial, agar bisa dijalankan oleh masyarakat,” bebernya beberapa waktu lalu.

Perhutanan Sosial merupakan Sistem Pengelolaan Hutan Lestari yang dilaksanakan dalam Kawasan Hutan Negara, atau Hutan Hak/Hutan Adat yang dilaksanakan masyarakat setempat atau Masyarakat Hukum Adat setempat.

Menjadi Penyuluh Kehutanan sejak tahun 1991, menurut Imam, memberikan pengalaman yang menyenangkan karena bertemu banyak karakter masyarakat di Kawasan Hutan.

Atas dedikasinya mengabdi ke masyarakat di Kawasan Hutan, Imam Zazuli kemudian dianugerahi oleh Pemerintah Provinsi Kaltim sebagai PNS berprestasi dengan hadiah Logam Emas.

Begitu pula karena bertugas di Kawasan Hutan PPU yang seperti diketahui merupakan kawasan Ibu Kota Negara (IKN), Imam menjelaskan bagaimana reaksi warga setempat atas lahan mereka yang masuk kawasan IKN.

“Warga hanya minta kejelasan lahan mereka,“ terang Imam.

Karena kerap berinteraksi dengan masyarakat, Imam jadi mengetahui jika ada oknum yang bukan orang sana turut memanasi.

“Mereka inilah yang menghasut warga di Kawasan IKN.“ pungkasnya.(DK/ADV/KominfoKaltim)

BACA JUGA :  Wali Kota Diminta Jadi Dosen Khusus, Universitas Terbuka Jadi Pilihan Bagi Pekerja yang Ingin Melanjutkan Studi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 1 =

Back to top button