DPRD KALTIMPariwara

Guru SLB Terbatas, Komisi IV DPRD Kaltim Minta Perguruan Tinggi Buka Jurusan Baru

Garda.co.id, Samarinda – Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim), Puji Setyowati menyampaikan sangat diperlukan adanya jurusan Pendidikan Luar Biasa pada sebuah perguruan tinggi di Kaltim.

Bukan tanpa alasan, hal itu merujuk pada pengamatannya, Puji mengungkapkan bahwa, guru ataupun tenaga pendidik di Sekolah Luar Biasa (SLB) sangat terbatas.

Puji menegaskan sejauh ini dalam pengamatannya tenaga pendidik pada SLB sangat terbatas, ia mengkhawatirkan hal itu akan berdampak pada keberlangsungan dunia pendidikan bagi anak yang memiliki kebutuhan khusus.

Oleh sebab itu, tak heran jika ia meminta supaya perguruan tinggi di Kaltim dapat menciptakan satu jurusan yang khusus mendidik para calon guru SLB.

“Kami harapkan dinas pendidikan bekerja sama dengan universitas negeri untuk membuka jurusan bagi SLB,” tutur Puji.

Politisi perempuan itu menjelaskan, dengan adanya jurusan pada suati perguruan tinggi ia meyakini keterbatasan yang saat ini menjadi kekhawatiran akan terjawab oleh hal tersebut, namun sementara ini pihaknya belum menyampaikan persoalan itu kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Kami harapkan dengan adanya jurusan khusus itu bisa tercukupi. Untuk sementara kami belum menyarankan kepada dinas. Kami akan mengkaji lebih dulu terkait berapa kebutuhannya,” jelasnya.

Ia sangat menyayangkan apabila hal tersebut luput dari perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, apalagi belakangan ini siswa dengan kebutuhan khusus juga tak sedikit memiliki kemampuan lebih, sehingga baginya terkait sektor pendukung pendidikan perlu dipenuhi.

“Karena pendidikan SLB ini sangat penting sekali. Sekarang ini, anak-anak berkebutuhan khusus dan yang mempunyai multitalenta seperti fenomena gunung es. Banyak orang tua yang belum berani dan tidak percaya diri untuk menunjukkan bahwa anaknya perlu stimulus dan pendidikan yang tepat,” tutup Puji. (Rifai/Adv/DPRDKaltim)

BACA JUGA :  Tegas! Samsun Sebut Kaltim Harus Mampu Swasembada Pangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 55 = 57

Back to top button