Pariwara

Gelar Napak Tilas Perjuangan, Dinsos Kaltin Ingin Ingatkan Nilai Kepahlawanan

Garda.co.id, Samarinda – Dinas Sosial Provinsi Kaltim menggelar kegiatan Napak Tilas Perjuangan Kemerdekaan di Kalangan Generasi Muda, khususnya pelajar tingkat Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA) Sederajat se-Kota Samarinda, Sabtu (13/8/2022).

Napak Tilas ini adalah agenda tahun kedua yang digagas melalui Bidang Pemberdayaan Sosial. Kegiatan kali ini digelar di Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa Samarinda, dan eremoni pelepasan peserta dilakukan secara langsung oleh Gubernur Kaltim Isran Noor.

Kepala Dinas Sosial Kaltim Norhayati menerangkan, diselenggarakannya Napak Tilas adalah dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77 di Tahun 2022.

“Jadi seperti menggugah atau mengingatkan kembali, karena generasi muda sekarang kan generasi milenial jauh jaraknya 77 tahun dengan generasi pendahulu,” kata Norhayati.

Kemudian alasan dikhususkannya generasi muda untuk menjadi peserta, sambung Norhayati agar dengan ini pula nilai-nilai perjuangan terus tumbuh untuk pemuda-pemudi di Kota Samarinda, khususnya di Benua Etam.

“Menumbuhkan kembali nilai-nilai kepahlawanan yang telah gugur mendahului kita. Jadi tidak lagi berjuang di medan perang, tapi tumbuh rasa kepahlawanan atau bangga memiliki pahlawan-pahlawan yang telah berjuang membela NKR,” tutur Norhayati.

Peserta Lomba Napak Tilas berjumlah 100 orang. Ini terbagi menjadi 20 regu yang masing-masing berisi 5 orang dari SLTS di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim, diantaranya SMAN 10, SMAN 5, SMAN 20, SMA Kesehatan, SMA Labaik, UPTD PSBR, SMA Al Khairiyah, SMA Islam Bunga Bangsa, SMAN 7, SMKN 11, SMAN 2, MAN 2, SMA Sunodia, SMKN 2, MAN 1 (A), UPTD PSAD, UPTD PSAH, SMK Pelayaran, SMAN 6, SMAN 11 dan MAN 1 (B).

Norhayati menambahkan, untuk rute Napak Tilas dimulai dari Taman Makam Pahlawan, kemudian ke Jalan Siradj Salman, Antasari, Gajah Mada, Bhayangkara, dan kembali ke Taman Makam.

BACA JUGA :  Samsun, Wakil Ketua DPRD Kaltim Hadiri Muskom II DKP PPNI Wilayah Selatan

“Untuk memeriahkan juga, kegiatan Napak Tilas dirangkai dengan kupon undian berhadian, donor darah, dan 15 stand pameran dari pelaku UMKM,” tukasnya.

Hadir Kepala BPBD yang merupakan mantan Kepala Dinas Sosial Kaltim, Agus Hari Kesuma, Kadishub Yudha Pranoto, jajaran Forkopimda Kaltim dan pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Kaltim.(PB/ADV/KominfoKaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button