DPRD KALTIMPariwara

Dapat Bantuan Rp 6 Miliar Revitalisasi Tempat Budaya, Reza : Masih Kecil

Garda.co.id, Samarinda – Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Akhmed Reza Fachlevi menilai bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat sebesar Rp 6 miliar untuk revitalisasi tempat budaya di Kaltim masih terbilang kecil.

Menurutnya, kegiatan revitalisasi itu merupakan suatu program agar bisa mengaktifkan kembali kegiatan kesenian tradisional atau aktifitas kesenian budaya lainnya secara terpusat.

“Ini upaya untuk kembali mendongkrak peningkatan nilai-nilai budaya lokal di Kaltim,” ucap Reza, Senin (3/10/2022).

Bantuan tersebut direncanakan untuk revitalisasi museum dan sejumlah tempat berbasis kebudayaan. Anggaran DAK sebesar Rp 6 miliar tersebut dikatakan Reza, terbagi lagi untuk beberapa tempat yang tersebar di Kaltim, tentunya dari sebaran anggaran yang tersedia besaran yang ada tergolong sangat kecil untuk kebutuhan revitalisasi.

“Sebetulnya cukup untuk peremajaan saja kalau tidak salah seperti di Museum Kukar itu Rp 2 miliar, ini menurut saya masih sangat kecil,” tuturnya.

Selain itu khusus untuk PR Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim agar kedepannya dapat mempersiapkan master plan tentang kebudayaan Kaltim, sebab baginya budaya juga tak kalah penting dari berbagai sektor lainnya yang harus dijaga oleh generasi penerus.

Melalui revitalisasi ini diharapkan mampu meningkatkan vitalitas kawasan terbangun khususnya dua tempat tersebut melalui intervensi perkotaan yang mampu menciptakan pertumbuhan dan stabilitas ekonomi lokal, terintegrasi dengan sistem kota, layak huni, berkeadilan sosial, berwawasan budaya dan lingkungan.(Rf/Adv/DPRDKaltim)

BACA JUGA :  Rabu, Perumdam Kuras IPA Loa Bakung untuk Jaga Kualitas Produksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 10 = 14

Back to top button