DPRD BontangPariwara

Permudah Pemeliharaan Kendaraan Dinas, Sekertariat DPRD Luncurkan Aplikasi Sipemda

Garda.co.id, Bontang – Permudah pemeliharaan kendaraan dinas, Sekretariat DPRD Bontang melaunching aplikasi Sistem Informasi Pemeliharaan Kendaraan Dinas (SIPEMDA), Jumat (12/11/2021).

Sekretaris Dewan Bontang, Lukman mengungkapkan, aplikasi ini merupakan salah satu tugas Pelatihan Kepemimpinan Pengawas bagi pejabat esselon IV angkatan V 2021 yang dilaksanakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

“Pesertanya itu biasanya dari se-Kalimantan Timur. Dari Kota Bontang sendiri ada beberapa pegawai,” jelasnya.

Lukman menjelaskan, dua tahun terakhir ini, LAN saat mengadakan Diklat Pengawas, Administrator atau Pejabat Tinggi Pratama, salah satu syaratnya harus membuat satu aplikasi. Yang nantinya akan diimplementasikan dalam sehari-hari.

“Kebetulan Pak Paisal adalah Kasubbag Umum dan Kepegawaian Sekretariat DPRD yang membawahi kendaraan dinas. Makanya dia mengambil judul ini,” ucapnya.

Lukman meyakini, aplikasi ini dapat mempermudah pekerjaan serta mengurangi pengeluaran.

“Dulu kita mencatat-catat pakai kertas, sekarang tinggal input saja. Artinya bisa mengurangi anggaran,” ujarnya.

Tak hanya itu, Lanjut Lukman, jika dulunya saat ada kerusakan kendaraan dinas untuk mengurusnya itu memakan waktu yang lama, sekarang tidak lagi.

“Kalau dulu mungkin ada 6 – 7 langkah, seperti dicek sendiri, kemudian dibawa ke kasubbag, lalu kebagian umum dan menunggu persetujuan Sekwan, sekarang hanya ada tiga langkah mengurusnya,” jelasnya.

Meski begitu, ujar Lukman, semua usulan kerusakan kendaraan tidak langsung disetujui begitu saja.

“Usulannya tidak langsung disetujui. Tetap ada pengecekan terlebih dahulu,” ujarnya.

Lukman menyampaikan, aplikasi ini akan dimulai pada Januari 2022 mendatang. “Iya di Januari nanti. Karena akhir tahun ini kita baru akan tutup buku,” tandasnya. (fn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button