Pariwara

Penanganan Banjir Jadi Agenda Super Prioritas Andi Harun

GARDA – Persoalan banjir yang menghantui masyarakat Kota Tepian mendapat atensi serius dari Walikota Samarinda, Andi Harun. Makanya, dalam sejumlah kesempatan, pria yang akrab disapa AH ini melakukan peninjauan lapangan secara maraton bersama pejabat terkait di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda.

Lokasi yang ditinjau diantaranya adalah Jalan S. Parman –drainase depan rumah Jabatan Walikota Samarinda– hingga Polder di depan Mall Lembuswana. “Saya juga meninjau pekerjaan di simpang empat Jalan D.I. Pandjaitan,” katanya saat hadir di webinar “Menatap Samarinda 2022” di Command Center Dinas Komunikasi dan Informatika Samarinda, Senin 24 Januari 2022.

Menariknya, dalam pembahasan itu, Andi Harun juga menyampaikan rencana Pemerintah Kota Samarinda membangun Polder di sekitar Perumahan Puspita Bengkuring. “Lahan seluas 18 hektare telah disiapkan,” ucapnya.

Kata Andi Harun, peninjauan lapangan secara maraton tersebut dilakukan untuk memastikan sejauh mana progres pekerjaan yang dilakukan. Hal itu dimaksudkan agar mengurangi debit air saat curah hujan tinggi.

“Insya Allah di APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, Red.) Tahun 2022 ini, Pemkot akan lanjut menembuskan crossing dari arah kolam retensi di simpang empat Mall Lembuswana. Begitu pula di Jalan Dr. Sutomo. Ini baru sedikit proses, di mana saat saya dilantik, persoalan penanganan banjir memang menjadi titik fokus utama,” paparnya.

Makanya, Andi Harun memastikan, penanganan banjir menjadi agenda super prioritasnya bersama Wakil Walikota Samarinda Rusmadi. “Pelbagai pola kami lakukan dalam program pengendalian banjir, termasuk pendekatan sinergi lintas sektor bersama Pemprov Kaltim (Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Red.) hingga Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Di antaranya menghidupkan kembali sungai mati di Jalan P.M. Noor, dan alhamdulillah telah menjadi sungai hidup dengan lebar kurang lebih 40 meter,” tukasnya (adv)

BACA JUGA :  Pansus Pembahas Ranperda Trantibumlinmas Gelar Uji Publik di Balikpapan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 74 = 83

Back to top button