Pariwara

Pemprov Kaltim Cari PNS Berprestasi, Para Calon di Tes Wawancara dan Kesehatan.

Garda.co.id, Samarinda – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) kembali menggelar seleksi Calon PNS berprestasi di kalangan lingkungan Pemprov Kaltim. Hal itu dilakukan sebagai upaya Pemprov untuk meningkatkan kapasitas diri para pejabat PNS di Kaltim. Kegaitan yang berlangsung selama 2 hari yakni 14-15 Februari 2022 itu dilaksanakan di Kantor BKD Kaltim Jalan M Yamin Nomor 1 Samarinda.

Para peserta mengikuti serangkaian tes khusus yang terdiri dari tes wawancara dan tes kesehatan (jasmani dan rohani) .

Kepala BKD Kaltim Diddy Rusdiansyah mengungkapkan bahwa Pemprov Kaltim memiliki tujuan agar para PNS dapat termotivasi saling berkompetisi untuk bekerja dengan lebih baik lagi. BKD pun dalam program ini, telah menyiapkan reward bagi PNS yang berprestasi maupun berinovasi.

“Tujuan kedepannya PNS akan lebih berprestasi dengan adanya penghargaan ini, yang penting akan ada perubahan perilaku dan ada inovasi terhadap pola kerja terhadap PNS,” terangnya, Selasa (15/2/).

Selain itu, dirinya menyebutkan salah satu yang menjadi syarat penting dalam kriteria penilaian PNS berprestasi yaitu selama mengabdi tentunya wajib mempunyai rekam jejak atau riwayat perilaku baik. Misalnya, tidak pernah terkena hukuman disiplin (Hukdis) tingkat sedang dan berat.

“Yang penting selama PNS itu tidak pernah menjalani hukuman. Kalaupun ada hukdis (ringan) yang terjadi sudah dijalani,” tambahnya.

Sementara Kabid Pembinaan ASN BKD Kaltim Adisurya Agus menambahkan, selama dua hari jumlah peserta dari berbagai perangkat daerah yang mengikuti tes sebanyak 203 orang.

“Hari pertama sebanyak 143 orang, hari kedua 60 orang,” sebutnya.

Untuk tes wawancara terdiri dari beberapa komponen yakni integritas, kinerja dan inovasi. Sementara tes kesehatan bekerjasama dengan pihak Rumah Sakit Atma Husada Mahakam Provinsi Kaltim.

BACA JUGA :  Pergub 49/2020 Polemik Utama Dewan Kaltim, Kesusahan Selesaikan Masalah di Konstituen

Rata-rata peserta yang diusulkan oleh perangkat daerah untuk ikut tes adalah para PNS yang akan memasuki masa purna tugas.

Adapun penghargaan yang diberikan kepada PNS ini juga tak terlepas dari kebijakan Gubernur Kaltim Isran Noor dan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi. Tak lain, berkomitmen untuk memberikan perhatian bagi mereka yang ikut berjasa atas kemajuan daerah dan roda pemerintahan.

Penghargaan yang diberikan yaitu berupa logam mulia. Besaran (gram) nya bervariasi, diberikan juga berdasarkan perhitungan atas lamanya masa kerja PNS. Biasanya penghargaan akan diserahkan saat bertepatan dengan momentum istimewa atau peringatan hari besar nasional.(adv/kmf/NNI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button