Ragam

Kesultanan Paser Dalam Pusaran Peradaban

Sultan Paser: Hargai Budaya dan Peradaban Nenek Moyang Kita

Garda.co.id, Paser – Kesultanan Paser menghadiri sekaligus menjadi Pemateri dalam kegiatan Latihan Kader 2 ( LK 2) Tingkat Nasional yang di adakan oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Paser di Villa Rigari, Tanah Grogot, Kabupaten Paser (21/11/2022).

Sultan Paser, Aji Muhammad Jarnawi menyampaikan, “Program ini sangat baik untuk generasi muda kita apalagi materi yang saya sampaikan tadi persoalan budaya dan juga peradaban, karena bagaimanapun budaya dan peradaban ini milik kita semua, dan kita tak akan pernah terlahir sekarang tanpa yang namanya budaya dan juga peradaban, jadi kita harus menghargai kedua hal tersebut”. Ada sekitar 26 peserta dari 13 Kabupaten/Kota yang berbeda datang dan mengikuti agenda Nasional tersebut.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat apalagi bermacam etnis, suku yang datang dari daerah masing-masing dan dipertemukan di Kabupaten Paser saat ini “, Ujarnya.

Kabupaten Paser itu lahir dan muncul dari kebhinekaan itu sendiri, bagaimana pun kita punya yang namanya sejarah dan sebagai generasi muda kita harus menghargai hal tersebut. Apalagi saat ini kita akan menyambut Ibu Kota Negara (IKN) baru sebagai bagian dari peradaban itu sendiri.

Generasi muda kita harus menyambut IKN ini dengan lapang dada kita terima keberadaannya, karena kita menyakini peradaban ini adalah bagian dari kita.

“Manakala Ibu Kota Negara baru ini jadi yaa jangan pesimis, tapi harus optimis sebagai generasi muda, bahwa ini bagian dari peradaban kita”, Pungkasnya.

“Semoga dengan terlaksananya agenda LK 2 HMI Cabang Paser ini, selalu bisa menghasilkan generasi-generasi muda yang selalu cinta akan kebudayaan serta peradaban dan hal ini harus kita jaga bersama, apalagi kita sebagai generasi muda yang hari ini sedang merasakannya”, Tutupnya.(MARD)

BACA JUGA :  Wakil Ketua DPRD Kaltim Nilai Bagus, Titik Nol IKN Ramai Dikunjungi Wisatawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button