PariwaraPEMKOT SamarindaPemkot Samarinda

Hadiri Penutupan BAIMBAI II Tahun 2024, Andi Harun Bangkitkan Semangat Berinovasi

Garda.co.id, Samarinda – Wali Kota Samarinda, Andi Harun hadiri acara penutupan lomba inovasi “BAIMBAI” (Bulan Kompetisi Inovasi Menuju Samarinda Berdaya Saing) di Atrium Bigmall Samarinda, pada Sabtu (8/6/2024).

Dalam sambutannya, Andi Harun menekankan pentingnya inovasi sebagai kunci keberhasilan dalam memajukan sebuah daerah. Menurutnya, Kota Samarinda sebagai ibu kota Provinsi Kalimantan Timur, tidak hanya memiliki potensi sumber daya alam yang kaya, tetapi juga masyarakat yang cerdas dan berbakat karena itu, inovasi harus menjadi bagian integral dalam setiap aspek pembangunan Samarinda.

“Saya setuju dengan pendapat dari Presiden Joko Widodo, bahwa inovasi harusnya bukan hanya pengetahuan, tetapi juga menjadi budaya. Kemauan berinovasi adalah refleksi dari budaya organisasi yang positif, dan kemampuan berinovasi adalah manifestasi dari kualitas organisasi yang sehat,” ucap AH – sapaan akrabnya.

Andi Harun juga mengutip Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang menegaskan bahwa inovasi daerah adalah semua bentuk pembaruan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Dalam mencapai tujuan tersebut, sasaran inovasi daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat, serta peningkatan daya saing daerah,” jelasnya.

Tahun 2024 ini, lomba inovasi “BAIMBAI” berhasil menarik 48 inovator yang berasal dari berbagai Perangkat Daerah di lingkungan Pemkot Samarinda, termasuk Puskesmas, kelurahan, dan kecamatan. Selain itu, juga terdapat satu kategori inovasi yang khusus diperuntukkan bagi masyarakat umum, pelajar, dan mahasiswa.

“Diharapkan dalam pelaksanaan kegiatan ini, setiap peserta mampu bersama-sama menyerap pengetahuan, saling bertukar pemikiran, serta menumbuhkan motivasi dalam peningkatan kinerja inovator atau agen perubahan di lingkungan masing-masing,” tuturnya.

BACA JUGA :  Coaching Clinic VII Hadirkan DPMPD Kaltim Sebagai Narasumber

Pada kesempatan itu pula, Orang nomor satu di Kota Tepian itu juga turut mengucapkan selamat kepada 12 orang juara Lomba Inovasi “BAIMBAI” ke-2 tahun 2024.

“Semoga ini membangkitkan semangat inovasi pada setiap perangkat daerah di Samarinda, sehingga mampu mendukung peningkatan nilai Indeks Inovasi Daerah (IID) yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia sebagai tolak ukur seberapa inovatif suatu pemerintah daerah,” ucapnya.

Dirinya menyampaikan bahwa dengan berakhirnya lomba inovasi “BAIMBAI” tahun 2024 inj, diharapkan semangat berinovasi terus berkembang di Kota Samarinda. Pemkot Samarinda juga berkomitmen untuk terus mendukung dan mendorong inovasi di berbagai sektor guna mewujudkan Samarinda yang berdaya saing dan sejahtera.

“Kita harus terus bergerak maju dan berinovasi. Inovasi adalah kunci untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan bersama,” pungkas Andi Harun Menutup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 74 = 81

Back to top button