DPRD SamarindaPariwara

Hadiri Deklarasi Kirab Pemilu, Ketua DPRD Harap Partisipasi Masyarakat Meningkat

Garda.co.id, Samarinda – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Samarinda, Sugiyono hadiri deklarasi Kirab Pemilihan Umum yang diselenggaran Komisi Pemilihan Umum Kota Samarinda, di Museum Samarinda Jalan Bhayangkara, Minggu 2 April 2023.

Dalam kegiatan tersebut hadir Wali Wota Samarinda, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta perwakilan setiap partai yang lolos pada pemilu 2024.

Untuk diketahui, dalam rangka memperingati setahun menuju hari pemungutan suara Pemilu 2024, KPU akan menggelar kegiatan “Peluncuran Kirab Pemilu Tahun 2024: Setahun Menuju Hari Pemungutan Suara”. Kegiatan bertema “Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa,“ Rabu, 14 Februari 2023.

Menggunakan kendaraan yang sama, kirab pemilu akan berkeliling Indonesia hingga akan berhenti nantinya di 14 Februari 2023. Sebelumnya kirab berada di Kota Bontang, dan diantar langsung oleh ketua KPU Kota Bontang menuju Kota Samarinda.

Selain itu, kirab juga digelar sebagai simbol bahwa pemilu merupakan sarana integrasi bangsa. Hal ini tak terlepas dari residu keterbelahan masyarakat pasca Pemilu 2019 yang hingga kini masih terasa. Karena itu, KPU berupaya untuk menyatukan kembali bangsa melalui Pemilu 2024.

Ketua DPRD Kota Samarinda, Sugiyona menjelaskan, dengan adanya kirap ini merupakan upaya dari KPU untuk mensosialisasikan Pemilu tahun 2024 ke masyarakat, dengan harapan masyarakat mengetahui partai politik yang menjadi peserta pada pemilu pada tahun 2024 nantinta.

“Sehingga nanti pada tahapan pemilu bisa diikuti masyarakat, dan pada tanggal 14 Februari 2024 nanti akhirnya semua masyarakat bisa mengetahui, sehingga partisipasinya dalam pemilu lebih tinggi dari sebelumnya,” ungkap Sugiyono.

Kirap akan terus berjalan untuk melakukan sosialisasi disetiap kabupaten/Kota hingga Kecamatan bahkan Kelurahab, selain itu partai sebagai peserta pemilu juga menurutnya harus mampu memberikan sosialisasi agar dapat meningkatkan partisipasi masyarakat, “Kita tidak bisa berharap dari kpu saja, kita harus juga ikut berpartisipasi, salah satunya teman-teman media sehingga yang diharapkan dapat tercapai,” tutupnya. (Riduan/ADV/DPRD SMD)

BACA JUGA :  DPRD Kaltim Terima Pansus Pasca IKN DPRD DKI Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

87 − 77 =

Back to top button