DPRD KALTIMPariwara

Alokasi Anggaran Pendidikan di APBD Kaltim Baru 15 Persen

Garda.co.id, Samarinda – Realisasi dana pendidikan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim masih mencapai sekitar 15 persen, diharapkan dapat ditingkatkan pada Perubahan APBD tahun 2022 ini.

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji mengatakan dalam Perubahan APBD 2022 mendatang Pemprov Kaltim diharapkan dapat memenuhi realisasi anggaran hingga mencapai 20 persen.

Padahal sesuai amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) telah memerintahkan untuk anggaran pendidikan dialokasikan 20 persen baik dari APBD maupun APBN.

Dengan pos anggaran yang ada maka ia meminta agar Pemprov Kaltim dapat lebih memaksimalkan alokasi anggaran untuk pendidikan tersebut apalagi diketahui dengan melihat kondisi nilai Perubahan APBD 2022 terjadi peningkatan. “Harus dimaksimalkan mengingat hingga saat ini baru mencapai 15 persen sedangkan dalam amanat undang-undang alokasi wajib 20 persen,” jelas Seno, Rabu (25/8/2022).

Seno menyebut setidaknya pengesahan Perubahan APBD ditargetkan hingga September mendatang.

Selain sektor pendidikan, infrastruktur juga turut didorong oleh pihaknya apalagi melihat KUA PPAS yang sudah ditandatangani mengalami penambahan sehingga mencapai angka Rp 15,1 triliun. “Termasuk mengenai infrastruktur pedesaan serta jalan-jalan yang berstatus jalan provinsi,” tandasnya.(Rf/Adv/DPRDKaltim)

BACA JUGA :  Tilang Elektronik Belum Ideal, Ini Kata DPRD Samarinda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

79 + = 83

Back to top button